detikcom

Apa Gunanya PIN Mandiri?

Garry Tengker - suaraPembaca
Jumat, 04/03/2011 14:23 WIB
FOTO: /ilus ist.
Jakarta - Tanggal 28 Februari 2011 sekitan pukul 19.00 WIB saya menarik uang dari ATM Mandiri di Indomaret  Jl. Boulevard Utara Kelapa Gading. Saat itu saya mau tarik 300.000 dan setelah selesai transaksi,tiba-tiba ATM menunjukkan tulisan "ATM tidak bisa digunakan", padahal ATM saya belum keluar.

Setelah saya tunggu selama 3 menit ternyata ATM saya tidak keluar dan saya anggap ATM tertelan. Saya langsung telpon 14000 namun sangat susah terhubung sampai pulsa saya habis sekitar 25.000. Lalu saya biarkan dengan anggapa bahwa ATM tertelan.

Anggapan saya kalau ATM saya pasti aman, karena kalaupun mau disalahgunakan pasti tidak akan bisa karena harus menggunakan PIN. Besoknya saya ke Bank Mandiri Gedung Rekso Belakang Mall Artha Gading dan tiba-tiba saya diberitahu CSR bahwa uang saya terpakai sekitar 4 juta (sampai habis).

ATM saya disalah gunakan dan dipakai di Carrefour dan Giant pada tanggal 28 Februari 2011. Saya tanya kepada Kepala di Mandiri Rekso, katanya kalau belanja menggunakan ATM Mandiri tidak diperlukan nomor PIN ataupun tanda tangan.

Lalu apa gunanya PIN? Artinya kalau Anda punya ATM Mandiri dan tiba-tiba ATM itu dicuri diam-diam maka orang yang mencuri dapat menggunakannya untuk belanja karena untuk menggnakannya tidak diperlukanNomor PIN.

Lalu saya minta dicek di CCTV ATM, dan jawabannya adalah bahwa di ATM itu Tidak ada Camera CCTV. Kemudian saya minta alamat Carrefour dan Giant tempat dimana ATM saya disalah gunakan dan mereka tidak bisa melacak dengan tepat dimana lokasinya.

Maksud saya adalah saya ingin perg ke Carrefour dan Giant untuk melihat kamera CCTV, tapi ternyata data dari Mandiri pun tidak bisa membantu. Malah saya disalahkan karena tidak memblok kartu saya.

Saya pun menunjukkan bukti kalau saya sudah menelpon 14000 berulang kali bahkan ada 1 percakapan yang saya rekam yang menunjukkan Mandiri via Telpon sangat sibuk. Pertanyaannya, mengapa ATM seperti Mandiri tidak menggunakan PIN saat transaksi belanja dan bahkan tidak membutuhkan tanda tangan.
 
Sewaktu di Mandiri Rekso saya sempat ditanya apakah PIN saya ada yang tahu, dan saya bilang tidak ada. Tapi kalau ceritanya seperti ini, buat apa harus ditanya, toh tidak ada gunanya. Jadi di ATM Mandiri, PIN Anda sama sekali tidak ada gunanya.

Garry Tengker
Jl. H. Ten. 1 No. 10 Rawamangun Jakarta Timur
garrytengker@hotmail.com
083892074099


(wwn/wwn)

Share:



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com,
Suara Pembaca Terbaru Index »
OpiniAnda Index »
  • Sabtu, 12/07/2014 02:06 WIB
    Wisma Samudera, Aset Sejarah yang Terbiarkan
    Saat ditawan Belanda di Mentok sekitar tahun 1948, Bung Karno menyempatkan waktu untuk mengunjungi Toboali yang saat itu berstatus sebagai kewedanaan.
ProKontra Index »

Polisi akan Razia dan Bubarkan Sahur on The Road

Dari hari ke hari, Sahur on The Road (SOTR) alias sahur keliling yang awalnya niatnya baik, membagi-bagikan sahur ke warga tidak mampu, kini melenceng semakin meresahkan, melakukan vandalisme hingga pembacokan. Terakhir Senin (21/7) dini hari, beberapa korban pembacokan kelompok SOTR berjatuhan. Polda Metro Jaya akan merazia, membubarkan hingga menindak kelompok SOTR yang melakukan tindak pidana. Bila Anda setuju dengan tindakan Polda Metro Jaya, pilih Pro!
Pro
73%
Kontra
27%
Poling Index »

Gubernur Jokowi akan memberlakukan sistem pelat nomor ganjil dan genap untuk mengurai kemacetan lalu lintas di Jakarta. Setujukah Anda dengan sistem ini?