detikcom

Kualitas Car Care Center Tidak Sebanding Harga

Johan C - suaraPembaca
Selasa, 31/08/2010 10:22 WIB
FOTO: /ilus ist.
Jakarta - Saya terdaftar sebagai member C3 (Car Care Center) Jln KH Mas Mansyur Sudirman sejak tahun 2008 sampai sekarang. Dengan spesifikasi Ultimate member: Magic Banana.

Kejadian ini terjadi pada saat saya mau melakukan salon mobil saya secara berkala tanggal 29 Agustus 2010 di C3 Jln KH Mas Mansyur Sudirman. Pada saat itu saya datang pagi sekitar jam 9. Dua hari sebelumnya yakni tanggal 27 Agustus 2010 saya sudah telepon ke Store Manager yang bernama Bapak Yoga dan sudah melakukan registrasi untuk dilakukan penyalonan mobil saya. Yang bersangkutan sudah konfirm untuk jadwal tersebut.

Pada saat saya datang pada hari Minggu jam 9 saya disambut oleh Staf Bapak Yoga, yaitu Sdr Febby. Saya mengatakan saya sudah registrasi lewat Bapak Yoga. Saya kemudian melakukan pendaftaran ulang di dalam kantor C3. Setelah melakukan pendaftaran ulang mobil saya langsung dicuci terlebih dahulu sebelum disalon.

Seperti biasa kap mesin mobil saya dibuka untuk dibersihkan bagian mesinnya. Saya sudah menitipkan ke tukang cucinya untuk tidak menggunakan steam bertekanan tinggi untuk membersihkan bagian mesin. Karena, banyak bagian sensitif seperti kabel-kabel mesin.

Pada saat dibersihkan saya melihat si tukang cucinya ini ternyata tetap mengggunakan steam bertekanan tinggi yang membuat kepala wiper mobil saya patah. Kejadian ini saya baru tahu setelah mobil saya mau dilap di bagian pengeringan mobil. Saya betul-betul emosi besar waktu di sana karena ternyata si pegawai atau tukang cuci C3 tidak mau mengakui kesalahan mereka.

Saya lampirkan juga foto kerusakan pada wiper saya sesaat setelah kejadian. Ada 1 orang pegawainya yang mengatakan mungkin karena wiper Bapak sudah mau patah. Tapi, patahnya di tempat C3 ini.

Terkesan sangat dibuat-buat alasannya. Alhasil saya tidak mau berdebat dengan mereka para pekerja ini, dan saya memutuskan untuk menunggu store managernya yaitu Bapak Yoga yang pada saat kejadian dia masih belum datang. Padahal pada saat itu hari sudah siang tapi tidak ada satu pun penanggung jawab lapangan yang menghadap saya.

Yang membuat saya lebih kecewa lagi adalah Sdr Febby mengatakan kalau nama saya ternyata belum didaftarkan oleh Bapak Yoga kepadanya sehingga pada saat itu untuk pengerjaan salon sudah penuh. Saya disarankan untuk melakukan penjadwalan di hari lain. Sungguh tidak professional C3 ini yang seharusnya pelayanannya tidak seperti ini.

Saya dengan sabar menunggu sang Store Manager yang pada akhirnya jam 2.30 sore baru tiba di lokasi. Pada saat itu juga saya menemui Sang Store Manager untuk meminta pertanggungjawaban atas kerusakan yang ditimbulkan. Bapak Yoga langsung menanyakan kronologis kejadian kepada para pekerja.

Selang beberapa waktu Bapak Yoga datang ke saya dan beliau mengatakan ada kesalahan pengerjaan, dan bersedia untuk mengganti rugi kerusakan yang terjadi. Bapak Yoga sudah bersedia untuk mengganti part yang rusak dengan part Honda yang original dan akan dilakukan perbaikan di bengkel rekanan C3.

Tapi, saya menolak karena saya ingin dilakukan perbaikan hanya di bengkel resmi Honda. Bapak Yoga mempersilahkan untuk dilakukan di sana walaupun dengan berat hati. Bapak Yoga menjanjikan untuk dilakukan perbaikan secepat mungkin. Saya minta paling lambat mobil saya sudah beres dari bengkel hari Rabu tanggal 1 September 2010. Tapi, ternyata Bapak Yoga tidak punya itikad baik untuk menyelesaikan masalah ini dengan alasan kalau spare part wiper saya bukan yang asli tapi variasi.

Berikut ini saya tuliskan kembali SMS yang dituliskan oleh Bapak Yoga lewat SMS kepada saya pada tanggal 30 Agustus 2010 pada jam 17.27:

"Pak itu bkn asli tapi variasi pak. Karena CRV yang asli bukan kayak begitu. Maaf kalau ganti yang asli, C3 tidak mau ganti".


Saya sebagai customer tidak mau menerima alasan seperti itu karena kenyataannya adalah wiper saya rusak. C3 seharusnya memperbaiki semua kerusakan yang terjadi.

Melihat kondisi seperti ini saya juga sudah malas berurusan dengan C3 sehingga saya memutuskan untuk memperbaikinya sendiri dengan biaya sendiri tentunya. Sekaligus memasukkan kasus ini ke media untuk diketahui orang banyak.

Saya sungguh kecewa dengan pelayanan dan komitmen yang diberikan oleh C3 yang selama ini sudah 3 tahun menjadi member tetap C3. Karena kejadian ini saya sudah mengorbankan waktu, pikiran, tenaga, dan biaya untuk menindaklanjuti masalah yang menurut saya sangat menyita waktu dan perhatian saya.

Terjadi kerusakan pada mobil mereka menyalahkan customer dan tetap tidak akan membayar ganti rugi dengan alasan apa pun yang terkesan dibuat-buat. Kalaupun mereka mau ganti rugi mereka mau di bengkel rekanan mereka. Bukan bengkel resmi atau bengkel yang kita tentukan.

Dengan ini saya menyatakan saya tidak akan lagi memperpanjang lagi keanggotaan saya di C3 mana pun. Kualitas yang diberikan tidak sebanding dengan harga yang kita keluarkan. Cukuplah saya seorang yang menjadi korban. Ternyata nama besar tidak menjamin kualitas pelayanannya besar pula.

Salam,
Johan C
Ultimate Member
Car Care Center Jln KH Mas Mansyur
087880168282



(msh/msh)

Share:



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com,
Suara Pembaca Terbaru Index »
OpiniAnda Index »
ProKontra Index »

Cegah Titipan Proyek, Ahok Minta Rapat dengan DPRD Direkam ke Youtube

PPATK mengungkapkan salah satu modus korupsi di kalangan penyelenggara negara adalah oknum DPRD yang menitipkan proyek-proyek saat pembahasan anggaran dengan Bappeda. Gubernur DKI Ahok ingin bila rapat bersama DPRD direkam dan di-upload ke youtube. Bila DPRD tak mau, maka lebih baik tak usah rapat anggaran. Bila Anda setuju dengan Ahok, pilih Pro!
Pro
79%
Kontra
21%
Poling Index »

Gubernur Jokowi akan memberlakukan sistem pelat nomor ganjil dan genap untuk mengurai kemacetan lalu lintas di Jakarta. Setujukah Anda dengan sistem ini?